PEMERINTAHAN NAGARI TAEH BARUAH
Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di sektor pemerintahan umum, taeh Baruah. telah sejak lama memberikan pelayanan antara lain berupa : pencatatan sipil/surat-surat keterangan perkawinan yang telah teradministrasi dengan baik. Selain itu guna memenuhi persyaratan administrasi perijinan, juga telah secara rutin memberikan surat keterangan usaha kepada warga masyarakat desa maupun pihak lain yang akan membuka usaha di Nagari Taeh Baruah Peng-administrasian perijinan juga telah dilakukan dengan baik, meskipun diperlukan penyempurnaan/perbaikan demi kepentingan kearsipan.Dalam hal melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, di Taeh baruah, telah tersedia pasar desa / Nagari.
Ketentraman dan ketertiban desa menjadi prioritas Taeh Baruah. Hal itu dikarenakan dengan terjaminnya ketentraman dan ketertiban wilayah akan berdampak pula dengan kondisi perekonomian masyarakat, kerukunan/kegotong royongan, dan kehidupan yang layak bagi masyarakat Taeh Baruah dan sekitarnya. Kesemuanya itu akan berdampak positif terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan di Taeh Baruah
Pemerintah Nagari Taeh Baruah terdiri dari 17 orang yang terbagi atas beberapa jabatan, yaitu Wali Nagari, Kaur dan Kasi, Staf, Serta Kepala Jorong.